Minggu, 18 April 2010

Riset Pemuaian

Pemuaian adalah bertambahnya ukuran suatu benda karena pengaruh perubahan suhu.Pemuaian tiap-tiap benda berbeda, tergantung suhu di sekitar dan koefisien muai atau daya muai benda tersebut.Benda tersebut akan mengalami muai panjang apabila benda itu hanya memiliki ukuran panjang saja, muai luas terjadi pada benda apabila benda itu memiliki ukuran panjang & lebar, sedangkan muai volum terjadi apabila benda itu mamiliki ukuran panjang, lebar, & tinggi.
Pemuaian terjadi dalam beberapa hal. Pada kabel-kabel tiang listrik, telepon, rel kereta api dan lain-lain. Tapi kali ini saya akan membahasa pemuaian tentang, “mengapa air mineral atau air soda yang terdapat dalam kemasan botol tidak di isi penuh?”.
Nah, saya melakuakan riset terhadap minuman botol yaitu coca-cola minuman bersoda. Coba kita perhatikan, air yang terdapat dalam botol coca-cola tidak terisi penuh. Mengapa? Karena para produsen coca-cola sengaja tidak mengisi penuh air di dalam botol coca-cola secara penuh karena agar mencegah terjadinya pemuaian terhadap air soda tersebut apabila terkena sinar matahari.
Karena apabila botol coca-cola di isi penuh, maka saat terkena panas matahari yang menyinari botol tersebut secara langsung dan dalam waktu yang lama, akan menyebabkan air soda yang berada di dalam botol tersebut mengalami pemuaian dan menyebabkan air soda tersebut memenuhi botol dan akhirnya air soda tersebut keluar.
Makanya, air di dalam botol-botol kemasan tidak di isi secara penuh. 
Kesimpulan saya, pemuaian terjadi karena adanya kalor yang berpindah dari tempat yang bersuhu tinggi ke tempat yang bersuhu rendah. 

NB : “sedikit riset kecil sih, saya memperhatikan penjual bensin yang berada d sekitar jalan bukit hindu, di sana apabila pada siang hari mereka memasang tulisan pada rak bensinya “Rp. 5000 full” tapi pada pagi hari mereka menyimpan kembali tulisan full tersebut. Menurut saya, mereka sengaja menambah tulisan full tersebut karena pada siang hari, bensin yang berada di dalam botol “TOMI” (orang-orang biasanya menyebutnya) memuai. Hmm..bener ngga ya? Kalau bener. Untung donkk…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks For Comentt...^^ and thx for coming..

Powered By Blogger